Cantiknya Penampakan Bulan Dione Terbelah Cincin Saturnus

NASA kembali merilis foto terbaru yang memperlihatkan bulan dari Planet Saturnus, Dione. Kali ini, foto tersebut memperlihatkan cantiknya penampakan bulan Dione yang terbelah oleh cincin Saturnus dari kegelapan.

Untuk urusan jarak, Saturnus memang terhitung sangat jauh dari Bumi. Namun bukan berarti NASA tidak bisa memotret diorama dan keheningan Planet Cincin tersebut dari dekat.

Buktinya, spacecraft milik Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut, Cassini, mampu mengabadikan ilusi cincin Saturnus yang membelah Dione.
Bulan milik planet Saturnus, Tethys, memperlihatkan permukaan yang dipenuhi jejak bercak merah seperti darah

Seperti dilansir BGR, Sabtu (20/2/2016), foto tersebut dipublikasikan oleh NASA baru-baru ini. Diungkap, ketika mengambil foto Dione di antara cincin Saturnus, Cassini berada di jarak sejauh 1,4 mil dari Dione. Untuk waktu pengambilannya sendiri terjadi di akhir tahun 2015.

"Saat itu cincin Saturnus berada di posisi horizontal yang begitu ramping. Setiap piksel dari foto ini merepresentasikan jarak 1,4 mil yang telah diambil Cassini," kata juru bicara NASA.

"Meskipun cincinnya tampak tipis, itu terbuat dari formasi bebatuan es yang ketebalannya berukuran lebih dari 300 kaki," ia melanjutkan.

Seperti diketahui, Dione merupakan salah satu dari 60 bulan yang mengitari Saturnus. Bulan ini berukuran dengan diameter sejauh 698 mil.

Cassini sendiri merupakan spacecraft NASA yang ditugaskan khusus untuk mengorbit Saturnus. Spacecraft tersebut telah diluncurkan dari Bumi sejak 1977 silam dan mulai mengorbit si Planet Cincin sejak 2004.

0 Response to "Cantiknya Penampakan Bulan Dione Terbelah Cincin Saturnus"

Posting Komentar